blog marketingg

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebagian orang menggunakan blog bukan hanya sebagai tempat penyalur hobi, namun juga menjadi sumber penghasilan. Tak sedikit orang membuat blog untuk mencari tambahan penghasilan dan mulai fokus dengan menjadi blogger yang profesional. Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari sebuah blog?

1. Menghasilkan Uang Dari Blog Melalui Iklan 

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari sebuah blog yang paling sering dijumpai adalah memasang iklan pada halaman blog tersebut. Salah satu media yang digunakan untuk memasang iklan adalah Google Ads.

Memasang iklan adalah salah satu cara yang bisa dibilang paling mudah untuk menghasilkan uang dari blog, namun cara ini tidak dilakukan secara instan, memerlukan pengelolaan dan pengembangan blog dengan baik agar traffic yang didapatkan akan tinggi. Semakin tinggi traffic yang didapat maka akan semakin besar bayaran yang diperoleh dari iklan yang terpasang.

2. Menghasilkan Uang Dari Blog Melalui Affiliate Marketing

Selanjutnya adalah metode Affiliate marketing, Anda akan mendapatkan komisi dengan menambahkan tautan yang terlacak ke dalam teks blog tersebut jika menggunakan cara ini. Biasanya, cara ini dilakukan dengan menyebar link afiliasi di postingan blog atau melakukan pendaftaran ke situs yang Anda rekomendasikan melalui sebuah link.

3. Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menjual Produk Digital 

Cara ketiga adalah dengan menjual produk digital. Manfaatkan skill dan pengetahuan Anda dalam suatu bidang untuk membuat produk-produk digital tersebut dapat dijual melalui blog pribadi. Contohnya dengan menjual eBook, video tutorial, online course hingga workshop yang Anda kembangkan sendiri.

4. Menghasilkan Uang Dari Blog Melalui Konten Bersponsor

Cara selanjutnya untuk menghasilkan uang dari sebuah blog adalah membuat konten yang disponsori atau berbayar. Biasanya perusahaan membayar seorang blogger untuk membuat artikel mengenai produk atau topik tertentu yang bisa dihubungkan dengan produk atau brand mereka. Namun, pada umumnya brand akan lebih tertarik untuk memberikan penawaran kerja sama dengan blogger yang memiliki basis pembaca yang kuat.

5. Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menawarkan Jasa Atau Layanan

Cara yang terakhir adalah dengan menawarkan sebuah jasa atau layanan. Blog juga berfungsi sebagai media yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari jasa atau layanan yang ditawarkan kepada klien. Contoh layanan yang bisa ditawarkan melalui blog adalah Digital marketing atau Jasa penulis lepas.

Ternyata blog dapat dijadikan peluang untuk Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, agar semua cara di atas dapat berjalan dengan maksimal pastikan Anda membuat dan membangun blog yang berkualitas.

Tags: , , , ,
Previous Post
Business Motivation 3
Motivasi Bisnis

Motivasi Untuk Pebisnis Agar Tidak Mudah Menyerah

Next Post
Facebook Marketing 1
Facebook Marketing

Alasan Facebook Marketing Cocok Untuk Berjualan Online