Youtube

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Promosi Produk Via Youtube

Pada era digital sekarang ini, strategi pemasaran produk mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tak hanya mengiklankan di koran atau media elektronik, saat ini para pengusaha bisa memasarkannya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram bahkan Youtube.

Pemasaran produk melalui Youtube dapat menjadi pilihan yang efektif karena saat ini platform share video tersebut telah menarik banyak pasang mata. Jadi, peluang produk kamu dikenal luas akan semakin besar. Namun pada setiap pemasaran bukanlah hal yang mudah karena produk maupun cara pemasarannya harus ada nilai plus. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan jika ingin melakukan pemasaran via Youtube

1. Membuat Konten Yang Menarik 

Jika kamu memilih strategi pemasaran produk melalui aplikasi Youtube, berarti harus siap memproduksi konten-konten video yang menarik. Meskipun produkmu terlihat biasa, namun jika dikemas dengan konten video yang terlihat menarik maka akan meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.

Penonton lebih memilih untuk melihat konten yang memiliki kualitas bagus dengan produk yang biasa saja, daripada produk luar biasa tapi kualitas konten sangat buruk. Bila perlu jangan hanya memperlihatkan produkmu saja, namun tampilkan juga sedikit kisah di sana. Upload konten tersebut secara terjadwal, misanyal seminggu sekali atau sebulan sekali.

2. Membuat Judul Yang Menarik 

Judul adalah hal pertama kali yang dilihat oleh pengguna Youtube sebelum menonton sebuah video. Semakin menarik judul dari video kamu, maka semakin besar juga keinginan mereka untuk menonton, walaupun konten tersebut bagus jika judulnya biasa saja mungkin penonton tidak akan tertarik. Cobalah untuk membuat judul dengan menuliskan setengah kalimat atau kata yang membuat orang penasaran dan membuat mereka mengklik agar tahu secara keseluruhan maksud dari judul video kamu.

3. Cari Thumbnail Yang Menarik 

Tidak berbeda dengan judul, pilihlah thumbnail yang menarik. Thumbnail adalah foto yang akan dipajang sebagai wajah dari konten atau cover awal. Jadi, thumbnail dan judul memiliki peranan penting agar banyak diklik orang. Kamu bisa menetapkan thumbnail dari cuplikan konten, tetapi bisa juga dengan membuat thumbnail yang baru dengan beragam desain yang menarik. Pilihlah thumbnail yang menarik dan membuat penonton mudah untuk mengklik videomu.

4. Logo Meningkatkan Brand

Brand awareness adalah salah satu aspek penting dalam mempromosikan produk kamu, terlebih pada masa awal berdirinya bisnis tersebut yang tujuannya dikenal banyak orang dan memiliki ciri tersendiri. Untuk meningkatkan brand awareness, ada beberapa hal yang harus diingat, salah satunya adalah logo.

Detail logo dari pilihan bentuk, warna, dan lambang-lambang perlu dicocokkan dan disesuaikan dengan nama brand serta produk yang sedang dijalankan. Saat kamu ingin melakukan strategi pemasaran produk menggunakan Youtube, jangan lupa mencantumkan logo kecilmu di setiap konten. Hal ini penting sekali bagi sebuah bisnis agar dikenal banyak orang dan memiliki ciri khas sendiri.

5. Melakukan Kolaborasi Dengan Channel Lain 

Salah satu strategi pemasaran produk yang lain adalah menggunakan sarana promosi dari channel Youtube lainnya. Hal ini merupakan cara yang biasa digunakan oleh Youtuber di Indonesia untuk mempromosikan channel mereka yaitu dengan melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain yang memiliki ketertarikan lebih. Namun, harus mempersiapkan tawaran yang sama-sama menghasilkan keuntungan jika ingin berkolaborasi.

Itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan dalam strategi pemasaran produk dengan media Youtube. Semoga Bermanfaat dan Semangat.

Tags: , , , ,
Previous Post
Motivasi Bisnis 2
Motivasi Bisnis

Meningkatkan Motivasi Diri Sebagai Pebisnis

Next Post
BISNIS ONLINEE
Bisnis Online

Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Dan Mulai Dari Nol