Bisnis Online 2

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Untuk memulai bisnis online tidaklah mudah, tetapi juga bukan suatu hal yang mustahil. Ada beberapa langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Menganalisis Pesaing

Untuk bisa bersaing dan mengalahkan kompetitor, maka Anda harus mempelajari terlebih dahulu karakter dari pesaing tersebut. Mulai dari kelebihan mereka sampai dengan kekurangan mereka. Dengan adanya informasi-informasi ini, barulah Anda bisa membuat produk yang dapat bersaing dengan kompetitor.

2. Mencari Model Bisnis

Setelah menganalisis karakter dari pesaing, Selanjutnya Anda perlu memilih bisnis model apa yang menurut Anda menguntungkan, karena walaupun menjual produk yang sama, tentu memiliki cara yang berbeda-beda untuk menjualnya. Cara lain yang tak melibatkan penjualan produk fisik yaitu menjadi blogger dan bekerja sama dengan sebuah brand untuk mempromosikan produk.

3. Menemukan Masalah Yang Dihadapi Pasar

Sebuah produk adalah salah satu komponen yang paling penting jika Anda ingin memulai untuk berbisnis secara online. Produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, memiliki potensi untuk memenangkan pasar.

Jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar kemungkinan besar bisnis Anda mengalami kegagalan. Menurut penelitian, 42 persen perusahaan yang baru dirintis bangkrut karena gagal menganalisis kebutuhan pasar dan produk yang ditawarkan pun gagal menyelesaikan masalah konsumen.

4. Riset Pasar

Setelah mendapatkan salah satu masalah yang dihadapi oleh pasar, kemudian fokus untuk melakukan riset di bidang tersebut. Melakukan riset pasar adalah salah satu cara untuk menemukan ide bisnis online.

Riset pasar juga dibutuhkan untuk data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Melalui kegiatan riset pasar tersebut, maka akan didapatkan data-data yang diperlukan untuk memulai bisnis tersebut. Oleh karena itu keputusan bisa diambil dengan didasari data-data yang objektif, tidak hanya asumsi dan opini.

5. Tentukan Target Pasar

Kegiatan riset pasar dan analisis pesaing yang sudah dilakukan tersebut menjadi hal dasar untuk mulai melangkah lagi kedepan, yaitu menentukan target pasar. Target pasar merupakan sekelompok orang dengan karakter yang sama dan kemungkinan akan membeli produk yang dibuat. Setiap produk tentu mempunyai pasarnya masing-masing. Target pasar yang lebih detail, bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan masing-masing kebutuhan pasar.

6. Membuat Website

Untuk memulai bisnis online tidak akan berjalan jika Anda belum membuat website, karena banyak sekali pelanggan yang menginginkannya. Jika tidak ingin pelanggan Anda lari ke pesaing, maka cobalah untuk meyakinkan mereka bahwa bisnis online yang Anda jalankan benar-benar ada dan bukan hanya kebohongan semata.

Cara paling mudah untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi yang akan mempunyai domain. Domain adalah alamat website yang unik dan tentunya tidak akan sama. Hal ini bisa memudahkan untuk mengarahkan para konsumen untuk mengunjungi website resmi yang telah dibuat.

7. Produk Yang Dapat Dijual Secara Online

Selanjutnya tentukan produk yang akan dijual. Anda bisa menentukan hal tersebut berdasarkan data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar. Pastikan produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan target pasar. Produk atau jasa yang akan ditawarkan harus mempunyai ciri khas atau kelebihan tersendiri untuk dapat bersaing dengan kompetitor.

8. Pemasaran Produk Dengan Strategi Yang Tepat

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, saatnya untuk memasarkan bisnis online yang sudah dirancang. Pemasaran bisnis online tidak dilakukan secara sembarangan. Pemasaran memerlukan strategi yang tepat untuk dapat memasarkan bisnis online ke target pasar yang tepat dengan marketing yang sesuai.

Itulah langkah-langkah untuk memulai bisnis online bagi Anda yang baru ingin merintis usaha. Semoga Bermanfaat dan Semangat

Tags: , , , ,
Previous Post
Marketing Blog(1)
Blog Marketing

Macam-Macam Sumber Penghasilan Blog

Next Post
Youtube Marketing
Youtube Marketing

Strategi Pemasaran Melalui Youtube