Youtube Marketing

Strategi Pemasaran Melalui Youtube

Terdapat banyak cara yang diambil oleh pebisnis untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Terlebih, pada era digital ini telah membantu banyak orang untuk mempromosikan produk mereka dengan sangat mudah. Misalnya, strategi pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, bahkan Whatsapp dan masih banyak lagi media yang bisa dipilih sebagai penghubung antara pebisnis dan pelanggan.

Banyak kelebihan yang ada di media sosial dalam strategi  pemasaran dari sebuah produk atau jasa. Selain itu, semakin banyak pengikut di media sosial, maka kemungkinan tingkat penjualan juga akan semakin tinggi. Berikut cara yang tepat agar bisa melakukan strategi pemasaran melalui aplikasi YouTube.

1. Menganalisis Pesaing

Sebelum Anda melangkah, perlu untuk mengidentifikasi usaha yang telah dilakukan oleh para pesaing dalam mempromosikan produk dan layanan jasa mereka. Kemudian coba untuk merancang strategi pemasaran yang berbeda namun tetap unik dan menarik sehingga banyak menarik perhatian dari pengguna YouTube.

2. Memiliki Tujuan Yang Jelas

Langkah Selanjutnya, jangan terburu-buru membuat video dan mengunggah di Youtube. Pikirkan ide yang jelas tentang tujuan dari channel Youtube Anda. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran. Sebagai contoh, Anda memiliki konsep yang jelas tentang tujuan yang ingin Anda raih dari setiap video yang diunggah dan tujuan akhir dari promosi semua video di Youtube Anda.

 3. Video Memiliki Kualitas Yang Tinggi

Jika hasil rekaman video Anda tidak memiliki kualitas yang bagus, walaupun konten video dibuat dengan sangat bagus maka para pengguna tidak akan tertarik untuk menonton konten video tersebut. Para pengguna Youtube sangat selektif untuk memilih video yang akan mereka tonton.

Video yang memiliki kualitas tinggi akan membantu calon pembeli untuk melihat produk yang dijual secara detail, selain itu juga calon pembeli akan mendapatkan informasi yang lebih rinci dari layanan jasa yang ditawarkan.

4. Gunakan Keyword Yang Tepat

Agar strategi pemasaran yang telah dirancang dapat bersaing, maka harus memilih keyword yang tepat untuk dimasukkan ke dalam judul, deskripsi dan tag di video. Didapat dari fakta, sekitar 70% video di Youtube berhasil ditemukan dan mendapat perhatian dari para pengguna karena youtuber menggunakan keyword yang tepat sehingga mudah untuk dilacak oleh para penonton.

5. Mempunyai Target Penonton Secara Detail

Dengan menentukan target penonton merupakan awal kesuksesan dari channel Anda, namun jika jangkauan target terlalu luas, maka channel tersebut akan sulit untuk mencolok dari berbagai channel lainnya. Channel Youtube yang baik memiliki tujuan dan target penonton yang jelas, sehingga strategi pemasaran yang telah dirancang bisa direncanakan dengan sejelas mungkin.

6. Menyusun Jadwal Dalam Mengunggah Video

Dengan adanya jadwal yang tetap, Anda akan menjalankan strategi pemasaran dengan teratur. Jangan mengupload video tidak sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Karena subscriber Anda atau pengunjung baru akan menganggap bahwa Anda tidak konsisten dalam mempromosikan produk dan layanan jasa di aplikasi Youtube.

7. Mempromosikan Video Baru

Jika Anda telah membuat video baru dan mengunggahnya di channel Anda, langkah selanjutnya, jangan lupa untuk promosi di sosial media Anda lainnya. Contoh, masukkan link video baru ke dalam Snapgram, Facebook, atau bahkan di Whatsapp Story. Sertakan juga link dan caption singkat untuk memberi informasi kepada para pengikut media sosial.

Tags: , , , ,
Previous Post
Bisnis Online 2
Bisnis Online

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Next Post
Facebook Marketing(1)
Facebook Marketing

Alasan Facebook Menjadi Media Yang Cocok Untuk Berjualan