Online Business 2

Tips Memulai Bisnis Online Shop Yang Menguntungkan

Online shop adalah salah satu topik yang sering sekali ditemukan di era yang serba modern ini. Baik di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Twitter, sudah ramai dipenuhi oleh para pebisnis terutama bisnis online shop. Belanja online pun sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging di masyarakat serta perkembangan bisnis online shop di Indonesia sekarang ini semakin menjanjikan.

Selain mudah dalam bertransaksi, bisnis online shop membuka kesempatan bagi setiap orang untuk memiliki bisnis sendiri. Hal paling penting yang harus dimiliki oleh calon pebisnis bukanlah modal yang besar melainkan pengetahuan yang luas tentang perkembangan bisnis online shop. Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha online shop diantaranya

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual secara online. Banyak sekali jenis produk yang bisa dijual, mulai dari fashion, perlengkapan bayi, makanan, dan lain sebagainya.

Pilihlah produk yang disukai dan dikuasai karena akan membuat Anda lebih senang dalam menjalankan usaha online shop tersebut. Dengan menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuan, maka hal tersebut akan terasa menyenangkan untuk dilakukan dan peluang Anda untuk sukses akan semakin besar.

2. Mempersiakan Strategi Untuk Promosi

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan strategi yang akan dijalankan untuk promosi bisnis online shop tersebut. Jika Anda menggunakan strategi promosi yang kurang baik memungkinkan sedikitnya penjualan produk serta ketidak adaan pelanggan setia yang akan membeli produk tersebut. Salah satu strategi promosi online shop yang efektif adalah dengan menggunakan sistem endorsement melalui selebgram atau artis terkenal dan bisa juga orang yang membawa pengaruh besar.

Untuk melakukan endorse tentunya membutuhkan modal promosi yang cukup besar. Selain dengan sistem endorsement, promosi bisa juga dilakukan dengan menggunakan Facebook Ads dan Google Ads. Anda tentunya harus banyak melakukan percobaan promosi agar bisa menemukan strategi promosi yang paling efektif.

3. Media Untuk Promosi

Jika Anda ingin mulai menjalankan bisnis online shop, tentunya membutuhkan media promosi untuk menpromosikan produk yang akan dijual. Zaman dahulu, mungkin orang yang baru ingin memulai bisnis kesulitan untuk mulai berjualan, namun dengan adanya kemajuan teknologi internet seperti era sekarang dan juga tedapat berbagai macam media online, bisa digunakan untuk berjualan ataupun untuk membranding usaha online shop tersebut.

Contoh media yang sering digunakan untuk berjualan adalah situs media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya, blog, ataupun media iklan berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads.

4. Menjadi Produsen, Reseller Atau Dropship

Langkah yang terakhir, Anda harus menentukan ingin menjadi produsen, reseller, atau dropshiper, karena ketiga pilihan tersebut memiliki sistem yang berbeda. Untuk menjadi produsen Anda harus mempunyai produk sendiri. Jika ingin menjadi produsen tentunya membutuhkan modal yang sangat besar. Sedangkan untuk menjadi reseller, Anda harus menjual produk orang lain dan tentunya harus mempunyai stok barang.

Cara untuk menjadi reseller adalah dengan membeli barang dari produsen lalu menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan dari selisih harga. Untuk menjadi dropshiper, Anda tidak membutuhkan modal, karena seorang dropshipper bisa menjual produk orang lain tanpa perlu mempunyai stok barang terlebih dahulu, semua proses pengiriman dilakukan oleh supplier Anda.

Tags: , , , ,
Previous Post
BLOG MARKETINGGG
Blog Marketing

Tips Membuat Konten Blog Agar Terlihat Menarik

Next Post
Online Business 1
Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula