6 Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Email Marketing

6 Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Email Marketing

Menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi penjualan cukup sulit dilakukan. Namun jika Anda mampu mengelola dengan baik, email marketing ini berpotensi besar untuk meningkatkan nilai penjualan bisnis Anda.

Banyak pebisnis mencoba menggunakan strategi persuasif untuk membuat tingkat keberhasilan email marketing semakin besar. Untuk melakukan teknik persuasif ini tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya sebagai berikut:

Harus kenal audiens

Mengenal audiens dengan baik menjadi modal utama dalam email marketing persuasif. Mengingat audiens ini adalah calon pelanggan yang Anda terget melalui email. Tentunya untuk membuat audiens tertarik, Anda harus melakukan pendekatan secara halus.

Kenali dengan baik minat, karakter hingga kebiasaan audiens untuk membuat teknik persuasif yang baik. Sehingga email yang Anda kirimkan juga tepat sasaran.

Masukkan ulasan mengenai produk Anda

Tujuan email marketing adalah untuk menjadikan audiens tertarik dengan produk Anda. Karena itu tidak hanya sekedar mengajak namun Anda juga harus memberikan ulasan mengenai produk Anda.

Baik itu barang atau jasa, Anda harus memberikan ulasan mulai dari akar hingga pucuknya. Dari kelebihan produk, manfaat hingga kualitasnya. Sisipkan bahasa marketing yang membuat audiens tertarik membeli produk Anda.

Buat kalimat tanya untuk komunikasi dua arah

Membaca email yang berisi ulasan dan ajakan membeli akan sangat membosankan. Bisa jadi akan langsung dihapus oleh audiens. Untuk menghindari hal tersebut, buat tulisan persuasif yang melibatkan komunikasi dua arah antara Anda dan audiens.

Selipkan beberapa pertanyaan atau kalimat-kalimat tanya yang mengundang antusias aundiens. Sehingga tulisan email yang Anda buat lebih menarik dan tidak membosankan.

Jangan lupakan signature

Tulisan berisi ulasan produk hingga ajakan kepada audiens panjang lebar, akan sia-sia belaka saat Anda melupakan signature. Bisa jadi email yang Anda kirimkan akan dianggap spam dan langsung dihapus.

Setiap kali mengirimkan email marketing, jangan lupa untuk memberikan signature. Bukan tanda tangan melainkan identitas perusahaan. Dari nama perusahaan, alamat hingga nomor kontak. Bila perlu sertakan foto untuk memastikan apa yang Anda tawarkan bukan penipuan.

Bukan hanya jualan melainkan menawarkan solusi

Salah satu kesalahan dalam membuat email marketing ini adalah saat membuat tulisan yang hanya bersifat menjual. Hanya menuliskan tentang kelebihan produk dan juga ajakan untuk membelinya. Sangat jarang yang membuat tulisan tidak hanya sekedar mengajak namun juga memberi solusi.

Semisal perusahaan kosmetik mengirimkan email marketing, maka isinya secara persuasif dapat berupa solusi mengatasi gejala penuaan dini. Dari tulisan ini diselipkan beberapa produk kosmetik yang Anda tawarkan untuk mengatasi penuaan dini.

Tidak memaksa, keputusan di tangan audiens

Email adalah salah satu media komunikasi antar personal yang sifatnya pribadi. Tentu Anda tidak menginginkan jika media komunikasi pribadi ini berisi iklan jualan yang tidak berkaitan dengan Anda.

Karena itu dalam email marketing menggunakan teknik persuasif, pastikan tidak membuat kata-kata atau kalimat yang sifatnya memaksa. Buat tulisan persuasif yang sifatnya soft selling dan menyerahkan keputusan kepada audiens.

Sehingga email marketing tidak dianggap spam dan mendapatkan block.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>