7 Tips Jitu Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis

7 Tips Jitu Cara Mengatasi Kegagalan Bisnis

Meskipun tidak diinginkan, setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan di hidupnya. Kegagalan itu bisa terjadi dalam segala sisi kehidupan, termasuk pada saat berbisnis.

Bisnis yang bertahun-tahun dibangun, langsung ambruk karena suatu masalah. Shock, pastinya. Namun, terpuruk dan putus asa dalam waktu lama, jelas bukan solusi tepat bagi Anda.

Berikut ini beberapa tips jitu jika Anda sedang mengalami kegagalan dalam berbisnis:

1. Berpikir Positif dan Tetap Tenang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berpikir positif. Ingat, segala sesuatu itu akan terjadi sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Yakinlah bahwa pasti ada hikmah besar di balik kegagalan terssebut. Tetaplah tenang agar Anda lebih bisa berpikir jernih untuk menganalisis kesalahan sekaligus mencari jalan keluarnya.

2. Menerima Kegagalan dan Mengakui Kesalahan

Langkah selanjutnya, terimalah kegagalan tersebut dengan lapang dada. Akui bahwa kegagalan yang terjadi memang karena kesalahan yang telah Anda perbuat. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dalam menghadapinya. Ingatlah, kita manusia biasa yang pasti tidak luput dari kesalahan. Anggaplah bahwa kegagalan itu merupakan ujian bagi Anda untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

3. Mencari Penyebab Kegagalan

Setelah hati dan pikiran Anda tenang, cobalah menelusuri letak kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Evaluasi seluruh aspek operasional bisnis, baik internal (manajemen, promosi, karyawan) maupun eksternal (kondisi pasar, harga bahan baku, hubungan kemitraan). Buatlah list faktor apa saja yang membuat bisnis Anda gagal, kemudian urutkan sesuai skala prioritas.

4. Atasi Permasalahan

Setelah Anda mendapatkan daftar apa saja yang membuat bisnis Anda gagal, saatnya mencari solusinya. Carilah solusi dari setiap permasalahan satu per satu berdasarkan list yang sudah Anda susun berdasarkan skala prioritas. Hindari untuk memikirkannya secara bersamaan karena justru akan membuat Anda bingung dan pusing.

5. Mencari dan Mendapatkan Peluang Kembali

Gagal bukan berarti mundur. Majulah terus untuk kembali mencari peluang bisnis yang ada. Dalam hal ini, Anda harus lebih agresif untuk bisa mendapatkannya, mulai dari mengunjungi rekan kerja lama hingga browsing-browsing di internet. Setelah mendapatkan, segera ambil peluang tersebut dan jalankan.

6. Membuat Perencanaan yang Baru

Setelah mendapatkan peluang, segera buatlah perencanaan yang matang untuk mengerjakannya. Susunlah segala aspek bisnis dengan lebih baik lagi. Perbaiki dan antisipasi faktor yang menjadi penyebab kegagalan pada bisnis sebelumnya. Jadikan kegagalan tersebut sebagai rambu-rambu bahwa Anda tidak akan mengulanginya kembali.

7. Terus Pantau Bisnis Anda

Untuk menghindari kesalahan yang sudah pernah Anda lakukan di masa lalu, maka pantaulah terus jalannya bisnis. Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui kendala yang sedang terjadi dan kemungkinan kendala yang akan menghadang. Dengan begitu, Anda dapat segera mengatasinya, tidak sampai berlarut yang justru akan menghancurkan kembali bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>