Apa Yang Membuat Produk Terjual Dan Terus Dibeli Oleh Konsumen?

Apa Yang Membuat Produk Terjual Dan Terus Dibeli Oleh Konsumen?

Ketika ditanya mengenai apa yang membuat orang membeli sebuah produk, atau apa yang membuat orang membeli produk di toko tertentu padahal di toko lainnya juga menjual produk yang sama, biasanya jawaban yang paling umum adalah kualitas dari produk atau layanan dari toko tersebut. Hal ini memang benar, namun kunci dari penjualan yang berulang tidak sesederhana itu.

Bagaimanapun juga masih ada orang yang setia dengan brand tertentu untuk produk tertentu, atau ada juga orang yang enggan belanja di toko tertentu padahal banyak konsumen yang suka dengan pelayanan di toko tersebut. Lalu apa yang bisa membuat penjualan produk tetap berjalan dan banyak terjadi repeat buying? Shaun Buck yang merupakan CEO dari The Newsletter Pro menjelaskannya untuk Anda.

Hubungan terjalin dengan adanya konten

Kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk terjalin karena produk atau brand yang konsisten melakukan komunikasi kepada konsumennya. Komunikasi ini bisa dalam berbagai macam bentuk misalnya dengan membuat konten-konten informatif di situs atau blog resminya, aktif menggunakan media sosial untuk memancing interaksi konsumen dengan brand, mengadakan event yang disponsori oleh produk/brand yang sesuai dengan target konsumennya, dan sebagainya. Pesan yang disampaikan secara konsisten melalui konten akan lebih mengena dan memberikan persepsi konsumen terhadap brand yang positif.

Kepercayaan yang terbangun dalam pelayanan konsumen

Pelayanan terhadap konsumen adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah bisnis, baik bisnis online maupun offline. Siapapun yang berada di baris depan layanan konsumen bisnis Anda akan menentukan adanya pelanggan baru atau justru membuat konsumen kabur karena kehilangan kepercayaannya. Layanan konsumen yang bisa memberikan dampak positif bagi kepuasan pelanggan akan terbawa terus dan membuat konsumen loyal membeli produk Anda.

Kepercayaan sama dengan penjualan

Mana yang lebih Anda pilih: membeli produk yang sama sekali baru dan belum pernah melakukan komunikasi dengan Anda, atau membeli produk dari brand yang sudah Anda ketahui dan kenal sebelumnya? Dalam prinsip penjualan produk, semakin seorang konsumen percaya dengan produk Anda makin loyal ia terhadap produk Anda. Bahkan kini konsumen bisa dengan mudah menuliskan ulasannya secara online yang bisa dilihat oleh orang banyak. Produk dengan ulasan yang baik tentu mendapatkan peluang yang lebih besar untuk dibeli.

Menghargai kepercayaan yang diberikan konsumen

Anda bisa membuat banyak konten sedemikian rupa untuk memastikan konsumen Anda tetap setia pada brand Anda. Namun jika pada akhirnya produk Anda mengecewakan maka kepercayaan konsumen bisa langsung hilang dalam sekejap. Yang Anda butuhkan hanya satu kesalahan dan susunan kepercayaan yang Anda bangun dengan konsumen bisa hancur seketika. Oleh karena itu jaga kepercayaan konsumen dengan memberikan produk baik barang maupun jasa dengan kualitas yang sesuai dengan harapan konsumen dan sesuai dengan klaim yang Anda berikan.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>