Bagaimana Email Marketing Bisa Berpengaruh Pada SEO

Bagaimana Email Marketing Bisa Berpengaruh Pada SEO

Banyak yang tidak tahu bahwa email marketing memiliki hubungan yang cukup erat dengan SEO. Banyak yang beranggapan bahwa SEO hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten dan menulisnya dalam format yang bisa terindeks dengan baik oleh Google sehingga peringkatnya bisa naik. Padahal berdasarkan data yang ditemukan oleh Conductor, 51% pengguna internet menemukan esksistensi sebuah situs atau konten melalui email, sumber yang paling banyak setelah pencarian organik.

Dari data tersebut pula ditemukan bahwa orang lebih banyak menemukan konten melalui email dibandingkan melalui media sosial atau PPC. Jadi jelas bahwa email marketing adalah faktor yang sangat penting bagi SEO. Bagaimana cara email marketing bisa membantu menaikkan peringkat halaman situs Anda?

Membantu meningkatkan sinyal sosial

Konten dengan sinyal atau interaksi sosial yang lebih banyak seperti misalnya “likes” atau “shares” umumnya memiliki visibilitas yang lebih baik di halaman pencarian. Untuk mendapatkan makin banyak “likes” dan juga “shares” Anda bisa memanfaatkan email list yang dimiliki.

Ketika ada konten baru, Anda bisa mengirimkan newsletter kepada subscriber yang dimiliki untuk membagikan konten yang sudah Anda buat. Bisa juga menambahkan tombol sharing untuk berbagai macam media sosial pada isi email Anda sehingga subscriber bisa langsung membagikan konten Anda.

Membantu mengurangi bounce rate

Bounce rate adalah tingkat banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs Anda kemudian langsung pergi tanpa melakukan aktivitas apapun selama berada di situs Anda. Makin tinggi bounce rate yang situs Anda miliki maka makin rendah peringkat yang diberikan oleh Google untuk halaman situs Anda. Untuk mengurangi bounce rate caranya adalah meningkatkan kualitas dari konten yang Anda buat dan juga meningkatkan jumlah pengunjung yang bisa engaging dengan situs online Anda.

Subscriber yang Anda miliki adalah aset yang berharga karena dengan menjadi subscriber berarti mereka sudah memiliki minat mengenai brand atau produk perusahaan Anda sehingga setiap ada konten baru makin banyak subscriber yang Anda miliki makin banyak jumlah pengunjung yang berinteraksi dengan situs Anda sehingga jumlah bounce rate pun bisa diminimalkan.

Minta ulasan kepada konsumen

Jika usaha Anda adalah usaha yang menargetkan konsumen lokal, mengoptimasikan SEO lokal juga sama pentingnya dengan SEO umum. Salah satu senjata untuk bisa tampil lebih unggul dalam SEO lokal adalah dengan menggunakan Google My Business. Anda bisa mengirimkan email kepada para subscriber Anda untuk memberikan ulasan dan juga peringkat terhadap produk dan layanan bisnis Anda dengan mencantumkan link akun Google My Business perusahaan Anda.

Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk meminta ulasan di landing page situs Anda sebagai bukti sosial bagi konsumen-konsumen baru Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>