Cara Mengurangi Bounce Rate Pada Landing Page

Cara Mengurangi Bounce Rate Pada Landing Page

Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk menganalisa performa landing page Anda dengan data statistik.

Salah satu data yang bisa dilihat adalah bounce rate. Bounce rate merupakan ukuran untuk mengukur tingkat seberapa banyak orang yang hanya masuk ke landing page Anda tanpa melakukan apapun kemudian meninggalkan atau menutup halaman tersebut.

Jika bounce rate tinggi maka ada hal-hal yang harus Anda perbaiki karena artinya ada banyak audiens yang tidak tertarik dengan CTA Anda yang tentunya membuat konversi juga makin rendah.

Apa yang bisa diperbaiki untuk menurunkan bounce rate?

Keterbacaan konten

Salah satu hal yang membuat audiens Anda malas untuk membaca konten dan memutuskan untuk meninggalkan landing page Anda adalah teks yang gemuk dan tidak bisa di-scan.

Hindari membuat paragraf yang gemuk, gunakan sub judul dan juga penomoran bila perlu. Tulis konten Anda seolah Anda sendiri yang berbicara kepada audiens, artinya kalimatnya pun harus to the point dan nyaman untuk dibaca.

Pop-up yang lebih minimum

Anda mungkin menggunakan pop-up untuk meningkatkan email list pada landing page Anda. Menggunakan pop-up memang menjadi perdebatan di kalangan pemasar karena di sisi lain memang bisa meningkatan email list yang bisa jadi aset berharga.

Namun di sisi lain, pop-up dinilai menyebalkan bagi audiens karena mengganggu tampilan isi konten yang ingin dibaca. Jika Anda tetap ingin menggunakan pop-up sebaiknya buat desainnya yang tidak terlalu mengganggu dan gunakan bahasa yang tidak ofensif.

Buat CTA yang mengundang

Konten yang sudah bagus dengan format yang enak dibaca jika tidak disertai dengan tombol CTA yang lemah hanya akan meningkatkan bounce rate dan tidak menambah konversi landing page.

Untuk membuat CTA setiap elemen memiliki peran yang penting. Bahkan hanya dengan mengganti satu kata atau warna pada tombolnya saja bisa memberikan pengaruh terhadap tingkat konversi baik naik atau justru turun.

Jadi pastikan Anda menyertakan CTA yang bisa dilihat audiens hanya dalam hitungan detik dan membuat mereka penasaran dengan apa yang Anda tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>