Jenis – Jenis E-mail Marketing

Jenis – Jenis E-mail Marketing

Perkembangan teknologi internet tentu banyak menghasilkan hal baik dalam dunia usaha saat ini. Salah satu hal yang dihasilkan dari pengaplikasian media internet ini adalah E-mail Marketing. E-mail marketing secara umum bisa diartikan sebagai penggunaan E-mail untuk menghubungkan customer atau calon customer kepada usaha Anda.

Selama perkembanganya banyak modifikasi dan perubahan dalam cara penggunaan E-mail Marketing. Pada awalnya E-mail biasa digunakan secara manual untuk menyebarkan iklan, tapi lama – kelamaan program membuat pengiriman menjadi otomatis. Hal lain yang dibuat makin simple adalah interaksi dari E-mail yang dikirim dan tanggapannya dari customer juga dibuat otomatis menggunakan program.

Pada akhirnya perkembangan ini menghasilkan beberapa jenis type E-mail Marketing yang cukup sering digunakan. Berikut adalah jenis E-mail tersebut:

1. E-mail Transaksi

E-mail jenis ini sejenis respons E-mail. Customer hanya akan mendapatkannya tergantung dari interaksi yang dilakukan dengan usaha Anda. Untuk dapat digolongkan menjadi E-mail Marketing tipe ini, E-mail harus mengandung arahan, konfirmasi ataupun tanda bukti dari sebuah kegiatan yang berhubungan dengan usaha Anda.

Beberapa contoh umumnya adalah E-mail ubah password, E-mail konfirmasi pembelian, E-mail kode pulsa yang dibeli dan E-mail pemberitahuan kegagalan proses yang dilakukan (Misalnya gagal mengirim transfer).

Interaksi E-mail jenis ini dapat menggunakan karyawan customer service dan juga program. Perusahaan besar tentu sudah menggunakan server dan program agar proses jadi otomatis. Untuk usaha kecil, kebanyakan masih menggunakan karyawan atau manual.

2. E-mail Langsung

Untuk E-mail jenis ini berupa pengiriman secara satu arah dari perusahaan. E-mail ini biasanya digunakan untuk mempromosikan, mengabarkan atau membagikan hal tertentu. E-mail ini cukup populer digunakan untuk mengingatkan customer akan hal – hal menarik tentang produk yang perusahaan tawarkan.

Hal yang paling simple adalah mengabarkan tentang diskon, paket promo dan bahkan kode pin untuk undian berhadiah. Info seperti ini bisa menarik kembali customer untuk menggunakan produk yang tertera di E-mail. Sayangnya hal ini saat ini tidak begitu efektif.

Hal yang menyebabkannya adalah banyaknya E-mail spam yang beredar dengan isi yang mirip. Spam E-mail bahkan terkadang ada yang berisi penipuan ataupun virus. Untungnya banyak penyedia jasa E-mail seperti Google dan Yahoo dapat memilah E-mail spam dan E-mail yang memang legit.

3. E-mail Optional

E-mail optional adalah type E-mail marketing yang mirip E-mail langsung tapi keputusan untuk menerimanya ada pada customer. Untuk E-mail seperti ini, customer sebelumnya harus memberi izin sebelum perusahaan dapat mengirim E-mail Marketing ini. Fitur ini mirip seperti langganan koran.

E-mail optional ini biasa digunakan di website – website berita, website hobby dan website media sosial. Jenis E-mail ini sering juga disebut Subscribe E-mail dan News Letter. Customer biasanya juga bisa memilih berhenti menerima kapan saja, hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah notifikasi pada website yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>