Tips Untuk Mengatur Biaya Iklan Facebook

Tips Untuk Mengatur Biaya Iklan Facebook

Salah satu kelebihan memanfaatkan fasilitas iklan di Facebook adalah Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang rela untuk Anda investasikan.

Kemudian secara otomatis nantinya Facebook akan menyesuaikan penayangan iklan Anda sesuai dengan budget sehingga baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil punya kesempatan yang sama untuk beriklan di Facebook.

Yang penting adalah bagaimana agar dana yang sudah Anda investasikan bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Tidak jarang dana investasi yang besar hanya menghasilkan penjualan produk yang tidak sepadan. Agar budget iklan Facebook Anda lebih efisien, berikut adalah beberapa tips budgeting agar dana yang Anda miliki tidak sia-sia.

Menentukan target pendapatan per bulan

Ubah pola pendanaan iklan Facebook Anda dengan pertanyaan “Berapa budget iklan Facebook yang saya butuhkan untuk mendapatkan nilai penjualan Rp. X?”.

Banyak para pemasar yang sudah puas dengan mendapatkan banyaknya interaksi dari target konsumen terhadap iklan yang dipasang namun pada kenyataannya jumlah penjualannya tidak sebanyak leads yang didapatkan.

Hal ini tentu saja membuat uang yang Anda keluarkan untuk iklan jadi sia-sia.

Sebaliknya, jika sudah menentukan target penjualan, Anda bisa mengira-ngira berapa banyak leads yang harus didapatkan untuk bisa menghasilkan jumlah penjualan yang sesuai dengan target.

Kemudian buat iklan dengan target jumlah leads yang ingin didapatkan dan sesuaikan dengan biaya iklan yang harus didepositkan.

Menentukan target iklan

Setelah Anda tahu berapa banyak jumlah leads yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan jumlah penjualan yang diinginkan, saatnya untuk mendapatkan jumlah leads tersebut.

Umumnya alur atau funnel yang menjadi skema di iklan Facebook untuk mendapatkan leads adalah : pengguna Facebook >> Fans >> Leads >> Konsumen.

Dari alur tersebut didapatkan jika ingin mendapatkan leads maka jumlah fans-nya pun harus ditingkatkan. Menambah jumlah “like” untuk halaman Fanpage perusahaan atau brand Anda bisa jadi target iklan Facebook.

Setelah mendapatkan jumlah “like” yang lebih banyak Anda bisa menawarkan berbagai macam insentif seperti misalnya video tutorial gratis, ebook, atau voucher diskon yang bisa ditukar dengan menggunakan alamat email yang nantinya bisa menjadi leads Anda.

Re-targeting iklan Facebook Anda

Cara ini bisa mengurangi biaya per leads yang harus Anda bayar secara signifikan.

Daripada memaksa audiens untuk langsung menjadi leads dengan meminta mereka untuk memberikan alamat email-nya, Anda bisa mengarahkan audiens ke konten blog andalan Anda sebagai perkenalan.

Kemudian dari konten tersebut Anda bisa melakukan re-targeting pada iklan Facebook Anda dengan menyasar kepada audiens yang sudah pernah membaca konten blog tersebut dan menawarkan pada audiens dengan intensif yang menarik dan bisa ditukar dengan alamat email.

Dengan demikian budget iklan Anda hanya terpakai pada leads yang memiliki kemungkinan lebih besar menjadi konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

"Download Kasus Study Gratis : Dapet 107Juta Rupiah dari Bisnis PLR"Download Video Selengkapnya Disini >>